Minggu, 01 Februari 2009

Candi Plaosan 26 Des 2008

Candi Plaosan terletak di belakang kompleks Candi Prambanan. Candi ini cukup besar dan terdiri dari 2 (dua) kompleks candi yaitu Candi Plaosan Lor dan Plaosan Kidul. Jika Candi Prambanan dan Borobudur adalah tempat peribadatan, maka Candi Plaosan Lor selain sebagai tempat ibadat juga merupakan tempat tinggal Biksu dan Biksuni Budha dimasa lalu.

Karena juga digunakan sebagai tempat tinggal, maka Candi Plaosan Lor memiliki langit-langit yang tinggi karena dulu terdiri dari 2 lantai. Lantai kedua digunakan sebagai tempat penyimpanan alat ibadah. Meski saat ini yang tersisa sebagian besar reruntuhan, namun masih bisa dibayangkan kondisi saat candi ini masih digunakan sebagai tempat tinggal para biksu.

Sedangkan Candi Plaosan kidul terletak 50 m dari Candi Plaosan Lor. Terdiri dari 3 candi kecil yang dulu digunakan sebagai tempat ibadah.

Nah.. ini beberapa foto Candi Plaosan Lor dan Kidul, diawali dengan Candi Plaosan Lor yang lebih besar kompleksnya.

Candi Plaosan Lor terdiri dari 2 Candi Utama, yaitu satu untuk Biksu dan satu untuk Biksuni. Kedua candi utama ini dikelilingi oleh candi-candi kecil yang membentuk pagar segi empat.





Inilah beberapa relief yang ada di candi Plaosan Lor :



Sedangkan gambar ini adalah sisa tangga menuju lantai 2. Lantai 2 dulu terbuat dari kayu dan saat ini sudah tak ada.

Kalo ini beberapa candi/stupa kecil yang mengelilingi candi utama :



Nah...kalo ada patung ini, pasti yakin kan kalo ini candi budha :)


Ini katanya relief dari permaisuri raja yang berkuasa saat itu.


Kalau berikut ini adalah gambar Candi Plaosan Kidul

Tidak ada komentar: