Selasa, 27 Mei 2008

Indonesia Tanah Air Beta – Water Version 1 Februari 2008


Indonesia… tanah air betaaaaa…. Pusaka abadi nan Jaya…..

Lagu itu yang teringat oleh gw pada hari jumat 2 Februari 2008 yang lalu. Hujan yang turun tak henti sejak pagi membuat suasana Jakarta terasa sendu. Genangan air telah terlihat dimana-mana sejak siang, termasuk di kawasan prestisius Sudirman Thamrin.

Hari itu gw ngantor seperti biasa. Pukul 2 siang, sudah ada informasi dari rumah gw di Cileduk kalau air sudah menggenangi rumah sekitar 40 cm. Secara pulang jam 2 juga sama saja bohong karena pasti susah cari jalan pulang, maka gw putusin pulang jam 5 aja seperti biasa naek mobil antar jemput gw.

Namun apa daya, sekitar pukul 16.45 WIB, supir antar jemput gw kasih info kalau ga bisa jemput karena terhadang banjir. Apa boleh buat, gw pun siap-siap pulang naik bis. Sebagai antisipasi bakalan lama di jalan, gw pun menyiapkan donat buat bekal di jalan. Pukul 17.10 WIB gw beranjak dari kantor.

Syukurlah bis tujuan Cileduk lewat saat gw sampai di tepi jalan. Namun supirnya bilang cuma sampai Cipulir. It’s ok lah, siapa tau banjir udah surut. Bener, Cipulir udah ga banjir. Jelas aja, Cipulir kan udah ditinggiin, sehingga…. Banjirnya pindah ke daerah swadarma. Untungnya pas turun dari bis gw ketemu OB kantor gw, Pak Mardi, yang rumahnya juga di Cileduk. Lumayan lah ada temen jalan kaki sampai Swadharma.

Sampai Swadharma, ternyata banjir sudah hampir sepinggang orang dewasa, walah…… Gw putusin nyebrang pake Gerobak . Ya betul saudara-saudara, naek gerobak… Satu gerobak berisi 8 orang dan per orang bayar 5 ribu buat nyebrangin banjir sekitar 100m.. Lumayan deh, Cuma basah semata kaki doang.

Selepas banjir, gw nyambung angkot yang katanya sampai Cileduk. Ternyata…. selewat Giant Kreo, di kawasan Inpres, terjadi banjir lagi, sekitar 1M. Disini ternyata tidak ada gerobak. Maka dengan menggulung celana panjang gw sampe selutut, gw berjalan menyebrangi kawasan banjir tersebut. Selewat sungai dadakan itu, ternyata tidak ada mobil yang lewat. Waduh… ada apa lagi? setelah jalan kaki dikit, ketauan alasannya, which is di depan komplek Puri Beta, terdapat genangan air setinggi pinggang orang dewasa lagi. Wah… kalo setinggi ini mah harus pake alat bantu deh. So… gw tengok-tengok, dan ketemu lah… tukang odong-odong yang lagi alih profesi jadi “tenaga professional penyebrangan banjir dadakan”. Jadilah gw naek Odong-odong berkepala Garuda Pancasila menyebrangi banjir tersebut. Bayar 5rb lagi.

Thanks God, setelah itu sudah ga ada banjir lagi sehingga gw bisa naek angkot sampe depan Carefour Cileduk. Mampir dulu di Carefour buat beli Dettol dan sabun Lifebuoy (dua barang ini udah gw niatin belinya sejak gw mengarungi banjir di gerobak tadi hehe…). Dari Carefour gw naek Ojek sampai rumah. Untunglah komplek perumahan gw sudah ga banjir lagi. Tapi di rumah gw masih ada genangan air sekitar 20 cm. Haiya… kerja bakti dulu deh…

Meskipun Cileduk terkenal dengan banjirnya, tapi kemarin adalah pengalaman pertama gw menghadapi banjir sehebat ini. Sejak rumah gw ditinggiin, baru kali ini air masuk sampe ke dalam rumah. Dan sejak gw tinggal di Cileduk, baru sekali ini gw pulang dengan naik gerobak seperti kemarin. Gw ga bakal komentar soal tanggungjawab pemerintah atau global warming, karena itu bukan porsi gw. Tapi yang gw alamin kemarin terasa sekali kalau semangat saling bantu masih ada di negeri ini. Terbukti dengan masih adanya sekelompok orang yang ditengah banjir sibuk mengarahkan orang supaya jangan melewati genangan air wilayah tertentu karena bisa kesetrum. Bukti lain, sesama “korban” banjir yang tak saling kenal pun masih bisa becanda satu sama lain buat membuat suasana lebih ringan. Paling ga, karena kemaren banyak bercanda dengan sesama teman senasib, sehingga perjalanan kemarin terasa ringan saat gw jalani.

Dari pengalaman kemarin, menurut gw, masih ada harapan buat bangsa ini untuk bertahan ditengah semua bencana ini…(halah…. Efek naek odong-odong kali ya, semangat nasionalisme jadi tinggi… hehe.. )

That’s my real life experience kemarin…. Tetap Semangatttt!!!


Tidak ada komentar: